Bolmong RayaNasionalPolitik dan PemerintahanTerkini

Dinas Pertanian Boltim Gelar Ukom Secara Online

Boltim,Timur Times.com – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bekerjasama dengan Kementerian Pertanian  Republik Indonesia (Kementan RI) gelar Uji Kompetensi (Ukom) secara online.

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Boltim, Mat Sunardi mengatakan, Uji Kompetensi adalah persyaratan untuk kenaikan jabatan sesuai Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No-35 tahun 2020 dan No-9 tahun 2023 dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Hal ini dilakukan karena menjadi persyaratan kenaikan pangkat dan jenjang dalam jabatan fungsional sesuai Permentan No 35 tahun 2020 dan Permentan No 9 tahun 2023. Uji Kompetensi ini menggunakan sistem CAT,” ujar Sunardi Rabu (28/3/2023).

Sunardi menyebutkan tujuan Uji Kompetensi ini adalah prasyarat jenjang jabatan fungsional dan efisien dengan menggunakan jaringan internet secara online.

“Kegiatan dilakukan dengan biaya berkisar delapan atau sembilan juta dan peserta harus kerjasamakan dengan lembaga kediklatan dan satu kelas minimal 20 orang namun mengingat keterbatasan anggaran, Dinas Pertanian menempuh dengan cara ujian online agar lebih efisien dengan jaringan internet yang memadai,” papar Sunardi.

Lanjutnya Kebijakan ini dilakukan oleh Kementerian Pertanian untuk memajukan kelembagaan Uji Kompetensi.

“Sinergitas lintas sekitar dalam memajukan sektor pertanian Ukom
ujian kompetensi ini kami berharap akan dapat menambaha wawasan para penyuluh dalam mengambil tindakan di lapangan sesuai poksinya, juga berharap semua peserta dapat lolos uji, mengingat penguji langsung dari kementrian pertanian RI,” pungkasnya. (Jumadi Bawenti)

Baca Juga:   Ujung Tombak Rekrut Pantarlih, KPU Tomohon Bekali PPK dan PPS

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button