Minahasa RayaRagam

Air Tidak Mengalir, PDAM Tomohon Harap Pelanggan Secepatnya Melapor

Tomohon, Timurtimes.com – Air merupakan salah satu sumber kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Sehingga, ketersediaan air bersih sangat penting untuk menunjang keberlangsungan hidup manusia.

Di Kota Tomohon sampai saat ini, masih banyak masyarakat mengeluh tentang air bersih. Entah mungkin karena saluran airnya rusak, sumber air sudah berkurang, ataupun alat pendukung yang minim. Hal ini pun ditanggapi dan diberi penjelasan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tomohon.

“Pertama masalah air kita yang masih belum mencukupi, mata air cukup tapi produksi nya masih sedikit. Makanya perlu ada pembangunan jaringan baru dari sumber air yang baru,” kata Direktur Utama Adrian Johanis Ngenget, S.E, Ak., Rabu (14/06/2023) di ruang kerjanya.

“Kedua, revitalisasi pipa. Revitalisasi untuk penggantian pipa-pipa yang lama sudah banyak yang bocor, keropos dan pipa besi berkarat. Pipa jenis pvc ada yang sudah retak, pipa jenis asbes juga sudah retak,” ucapnya.

Foto: Direktur Utama Adrian Johanis Ngenget, S.E, Ak

Lebih lanjut dijelaskan Dirut, jadi sering kali ada tanah, batu halus, atau kerikil masuk di pipa yang bocor ini, dan dibawah oleh arus air menuju ke penyaringan meter pelanggan. Sehingga terjadi penyumbatan dan air pelanggan tidak jalan.

“Saya sarankan kepada pelanggan, apabila air tidak mengalir, agar secepatnya bisa langsung dilaporkan ke PDAM. Agar kami bisa langsung lakukan tindakan penanganan atau perbaikan secepatnya,” sarannya.

Dijelaskanya, PDAM telah membentuk tim cepat respon yang akan selalu siap ketika ada laporan. “Pelanggan seringkali sudah beberapa hari air tidak jalan, baru dilaporkan ke kami. Kalau masalahnya ada di instalasi pelanggan, pasti kami tidak tau. Selama pelanggan tidak melapor, tidak akan diperbaiki,” jelas Dirut.

“Sekali lagi, kami meminta kepada pelanggan air bersih, ketika saja satu hari air tidak mengalir, tolong untuk segera langsung laporkan kepada petugas atau bisa langsung ke kantor kami. Pastinya secepatnya akan diperbaiki,” pintanya.

Adrian menambahkan, di setiap Kecamatan sudah ada tim yang siap terjun ke lapangan. Ketika ada masalah, tim akan langsung respon dan lakukan tindakan.

“Saya juga ikut ke lokasi untuk membantu dan memantaunya,” katanya.

Lanjutnya, biasanya kita setiap apel pagi sudah ada daftar list yang akan diperbaiki, dan siang sampai sore tim sudah harus memosting hasil progressnya.

“Ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan waktu cukup lama. Karena, ada pipa-pipa rusak yang ada di dalam tanah dan dibawah aspal jalan. Di beberapa tempat airnya sudah mengalir, tapi di beberapa tempat tertentu masih dalam proses perbaikan,” kuncinya. (Etzar Frangky Tulung)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button