Minahasa RayaRagam

Drg. Jean’arc Karundeng Tampil Sebagai Narasumber ‘Seminar dan Praktek Lapangan Pengembangan Program Kampung Pangan Organik’

Tomohon, Timurtimes.com – Pemerintah Kecamatan Tomohon Barat, bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado, dan Tim Penggerak PKK Kota Tomohon, gelar Seminar dan Praktek Lapangan ‘Pengembangan Program Kampung Pangan Organik’. Agenda ini digelar di Balai Kelurahan Taratara Tiga, Rabu (28-29/06/2023).

“Terima Kasih kepada Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado yang telah hadir dan turun langsung terlibat dalam kegiatan ini,” ucap Ketua TP-PKK Kota Tomohon, Drg. Jean’arc Senduk-Karundeng dalam kesempatan membawakan materi.

Dikatakannya, Ini sangat cocok dan sejalan dengan program Pemerintah Kota Tomohon bersama dengan TP PKK.

“Pada beberapa waktu lalu, ibu-ibu telah menerima bibit tanaman untuk ditanam secara organik,” katanya.

Dijelaskan Karundeng, Di Kota Tomohon ada Pusat Pengolahan Sampah Organik Terpadu (PPSOT). Lewat hal ini, memang hanya untuk sampah yang ada di pasar. Kalau digabung dengan sampah masyarakat tempat itu tidak akan cukup, karena banyak.

“Sampah paling banyak adalah milik rumah tangga. Nah, sampah yang dari pasar itu diolah menjadi pupuk organik cair, kompos dan juga bisa dibuat menjadi eco enzim,” lanjutnya.

Diharapkannya, ke depan juga di setiap kelurahan bisa tersedia bank sampah. Baik sampah plastik, kalengan, dan organik.

“Memang saat ini, di setiap kecamatan baru ada keterwakilan setiap kelurahan untuk bank sampah. Pada bulan Oktober nantinya diharapkan semua kelurahan sudah menyediakan bank sampah,” harap Karundeng.

Ia juga berpesan, ibu-ibu PKK sudah bisa mengolah sendiri pupuk organik.

“Ibu-ibu juga bisa mempelajari cara membuat eco enzim. Karena, eco enzim ini memiliki banyak sekali manfaat. Baik di dapur, tanaman dan banyak lagi,” kuncinya.

Terlihat hadir, Pemerintah Kecamatan Tomohon Barat, Pemerintah Kelurahan Taratara Tiga, Kepala Dinas Pangan Kota Tomohon, Pimpinan dan jajaran Fakultas Pertanian Unsrat, TP PKK Kecamatan dan Kelurahan, serta seluruh peserta kegiatan seminar. (Etzar Frangky Tulung)

Baca Juga:   Bersama Suami Tercinta, Miky Wenur Disambut Masyarakat Dengan Sukacita

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button