Feature

Asa Sangadi Masri Untuk Peningkatan Ekonomi Desa Bukaka

Penulis: Mat Rey Kartorejo

BUKAKA merupakan desa yang secara administratif terletak di wilayah Pemerintahan Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Wilayah yang didiami oleh kurang lebih 200 Kepala Keluarga dan 600-an jiwa itu sepenuhnya menggantungkan ekonomi serta kehidupan keluarga dari hasil bertani.

Pjs Sangadi (Kepala Desa) Bukaka, Masri Hala, saat disambangi di tempat kerjanya pada Kamis  (27/7/2023) dengan lugas memaparkan serapan potensi wilayah desanya yang tercatat merupakan penghasil jagung.

Masri Hala. (Foto Mat Rey Kartorejo)

Masri menyebut ketika panen jagung tiba, hasil setiap petani bisa mencapai empat ton dalam satu kali panen.

“Paling sedikit itu satu ton,” kata Masri.

Dengan penuh percaya diri, alumni IAIN Manado ini menyebut bahwa setiap panen jagung di wilayah tersebut para petani kerap bergotong royong agar proses cepat selesai.

Meski demikian, Masri tak lantas berpangku tangan. Ia seorang pemimpin yang sangat peka dan peduli akan kepentingan rakyatnya.

Sosok Pjs Sangadi yang dilantik secara resmi oleh Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., M.Si., pada
Jumat 7 April 2023 ini terus mendorong peningkatan ekonomi dan kemajuan pembangunan di wilayahnya.

Menurutnya, yang terpenting hari ini adalah fasilitas jalan tani, sehingga hal itu yang menjadi prioritas, karena bisa berdampak pada Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Yang urgen hari ini adalah akses pertanian. Jalan pertanian sudah ada namun masih terkendala, karena baru pengerasan dan sekarang musim hujan jadi berpengaruh terhadap pengangkutan terhadap hasil pertanian. Nah, jalan itu yang menjadi prioritas. Hitungan saya, jalan itu akan mendapat pendapatan bagi desa,” ungkap Masri.

Desa Bukaka. (Foto Mat Rey Kartorejo)

“Untuk program secara keseluruhan kita lebih fokus ke pertanian dan perikanan. Kami buat yang bersentuhan dengan masyarakat, sebab ada saat dimana kemudian mereka akan mengakui ketika masa bertugas itu selesai,” kata Sangadi Masri yang juga Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum Kepegawaian,  Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Boltim ini.

Pria yang dikenal sangat vokal ini berharap, langkah yang ia ambil itu bisa menggerakkan ekonomi di desa Bukaka. Asa itu sebagai bentuk kepekaan, kepedulian dan keberpihakan seorang ‘Pemegang Mapatu’ terhadap rakyatnya.

Masri Kepala Desa Yang Merakyat

Sikap dan karakter kepemimpinan Masri Hala sebagai Pjs Sangadi menuai pujian dari sejumlah warga Desa Bukaka.

Hamdin Imban, misalnya. Saat bersua dengan sejumlah pewarta, pria 46 tahun itu berujar bahwa Masri Hala merupakan sosok Sangadi yang merakyat dan kerap membaur dengan masyarakat.

Kata Imban, seluruh Pjs Sangadi yang ditunjuk oleh Bupati Boltim semuanya bagus, tapi baginya, Masri Hala merupakan sosok Sangadi yang luar biasa.

“Memang seluruh Pjs Sangadi semuanya bagus, tapi menurut saya, Masri orangnya luar biasa selain itu dia sangat peduli terhadap masyarakat. Bentuk kepedulian dan keberpihakan terhadap masyarakat, telah banyak ditunjukkannya selama tiga bulan memimpin Desa Bukaka,” ujar Imban.

“Artinya pemimpin kalau memimpin secara arogan tentu masyarakat tidak mau. Kalau Masri dia bagus, dia berbaur dengan masyarakat. Kalu dia bukan PNS, torang so tahang di Bukaka pa dia,” ketus pria yang akrab disapa Udin ini.

Nada yang sama mengalun dari bibir Naslan Harikaiya. warga Bukaka ini bertutur bahwa Masri Hala merupakan sosok pemimpin yang cerdas dan pintar serta banyak memperkenalkan sesuatu yang baru.

“Sangadi Masri tak hanya dikenal sebagai pribadi yang baik dan terbuka, tetapi dia juga adalah tipikal pemimpin yang cerdas, pintar, dan inovatif,” ungkap Naslan. (*)

 

 

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button