PapuaTerkini

Jauh di Jarak Dekat Dirasa !

Kasih Sayang Pangdam III Siliwangi Tanpa Batas Tak Kenal Cuaca, Medan, dan Waktu

Papua, TimurTimes.com – Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi menyalurkan bantuan sosial (bansos) dari Bapak Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., kepada masyarakat di kampung Erogobog, Kabupaten Puncak Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga, S.I.P., dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua,
Minggu (30/7/2023).

Satu kali dalam satu minggu, Pangdam III Siliwangi Rutin memberikan arahan kepada satuan-satuan Kodam III Siliwangi yang sedang bertugas di daerah operasi. Hal ini bertujuan untuk memberikan moril semangat prajurit, menanyakan kondisi wilayah, kondisi masyarakat dan kendala-kendala di daerah operasi serta hal yang perlu dibantu oleh Pangdam III Siliwangi untuk kelancaran tugas di daerah operasi.

Kampung Erogobog, Distrik Ilaga yang terletak di Kabupaten Puncak, menjadi salah satu wilayah yang terbatas dalam pasokan pangan, karena akses medan yang sulit, cuaca yang setiap hari hujan dan jarak yang jauh dari Pasar Ilaga.

Secara keseluruhan bahan-bahan keperluan sehari hari harus didatangkan dari luar daerah terutama dari Timika dengan menggunakan pesawat terbang.

Keterbatasan pesawat, pengaruh cuaca dan biaya yang mahal untuk mendatangkan bahan keperluan sehari- hari dari luar Ilaga membuat kondisi masyarakat semakin berat dalam menjalani hidup.

Kondisi ini yang dilaporkan oleh Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi kepada Bapak Pangdam III Siliwangi, sehingga Pangdam memberikan bansos kepada warga Erogobok untuk membantu meringankan beban mereka di tengah- tengah keterbatasan yang ada.

Dilansir dari Nawacitalink.com, bahwa Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi didampingi Pasi intel, Pakum, Pater, Dokter dan Dapos Eromaga memimpin langsung penyaluran bantuan sosial kepada warga Erogobok berupa Beras, Kopi, Gula, Mie Instan, Nasi Bungkus, Permen, Pakaian, Alkitab, Gitar, Pelayanan Kesehatan dan lain lain.

Hal ini dilaksanakan untuk membatu meringankan beban warga Erogobok. Walaupun Bapak Pangdam III Siliwangi Jauh di Bandung namun hati beliau tidak bisa dibohongi selau merasa sangatlah dekat dengan Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi dan masyarakat di Kabupaten Puncak, Papua.

Rasa sayang ini lah yang mendorong hati untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat Papua. Kasih Sayang beliau Tanpa Batas, Tak Kenal cuaca, medan dan waktu.

“Anak anak (Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi) baik-baik, mereka bantu kita banyak. Saya berterima kasih banyak kepada Bapak Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, sudah beri bantuan, ini juga hari Minggu, kasih Tuhan sampai di kita walaupun jauh dari Bandung. Terima kasih juga untuk Komandan Besar (Dansatgas 300). Jalan kaki jauh-jauh dari Ilaga untuk beri bantuan, Tuhan memberkati” ungkap Marikita, Kepala Suku Dani Kampung Erogobog.

Tidak hanya memberikan bantuan sosial, kegiatan Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi juga memperhatikan aspek sosial dan kebahagiaan masyarakat. Di akhir kegiatan penyaluran bantuan, masyarakat diajak untuk menyanyi bersama, untuk meningkatkan derajat kebahagiaan dan kebersamaan, ini pula sejalan dengan perintah harian Kasad Jendral TNI Dr. H. Dudung Abdurachman S.E., M.M., yang Ke-5 yaitu “TNI AD harus hadir ditengah-tengah Kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi”.

Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Puncak, Papua.

Kehadiran mereka di wilayah ini bukan hanya sebagai aparat keamanan, tetapi juga sebagai sahabat dan mitra yang setia bagi kebahagiaan dan kemajuan masyarakat Papua.
(Red) Sumber: Yonif Raider 300/Bjw.

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button