HiburanMinahasa RayaSulut

Maknai Perjuangan Pendahulu, Masyarakat dan Sekolah Antusias Ikuti Lomba ‘Pawai Obor’

Tomohon, TimurTimes.com – Jelang peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-78, Pemerintah Kelurahan Taratara Dua, Kecamatan Tomohon Barat melaksanakan lomba ‘pawai obor’.

Kegiatan ini merupakan tradisi rutin yang diselenggarakan, guna menyebarkan nilai-nilai kepahlawanan kepada masyarakat di Wanua Tazataza.

Kepada wartawan Timurtimes, Lurah Taratara Dua Jan Petrus Wilar mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memaknai hasil perjuangan oleh para pendahulu, dalam merebut dan memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Mari kita maknai dengan penuh semangat juang, kita mengisi kemerdekaan yang telah diupayakan oleh para pejuang dalam berupaya memperjuangkan kemerdekaan, yang sampai saat ini sudah kita rasakan,” ungkap Wilar, Rabu (16/08/2023).

Lurah Taratara Dua, Jan Petrus Wilar saat diwawancara.

Dikatakannya, masyarakat saat ini tinggal mengisi dan berpartisipasi dalam rangka menyukseskan pesta rakyat ini. Kelurahan Taratara Dua dipercayakan sebagai tuan rumah tahun ini, dan berbagai jenis lomba telah dilaksanakan oleh panitia.

“Malam hari ini sudah pada tahapan pawai obor. Kegiatan ini kita laksanakan setiap tanggal 16 Agustus malam, yang diikuti oleh seluruh lingkungan dan sekolah di Taratara Raya,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Lurah, makna dari pawai obor ini adalah untuk membangkitkan semangat juang seluruh warga masyarakat, dan seluruh elemen-elemen yang ada.

“Agar supaya, mereka juga turut merasakan dan memaknai upaya perjuangan oleh para pendahulu, sebagai sesuatu yang bisa menjadi cita-cita dan tujuan untuk membangun negara yang kita cintai ini, secara khusus untuk warga masyarakat Taratara Raya umumnya,” jelasnya.

Wilar pun mengapresiasi seluruh anak-anak sekolah yang dengan antusias mengikuti kegiatan ini.

“Saya mengapresiasi anak-anak sekolah, yang dengan semangat juang, rasa nasionalis, mereka bisa mengikuti kegiatan ini dengan penuh bangga. Berharap, nantinya ke depan mereka akan sungguh sungguh semakin mencintai Indonesia ini, sebagai penerus bangsa ini,” harapnya.

Baca Juga:   Peduli Masyarakat Terdampak Bencana Alam di Pulau Lembeh, GKMI Salurkan Bantuan

“Saya pun, mengajak seluruh masyarakat di Kelurahan Taratara Raya ini, untuk boleh ikut dalam upacara penaikan Bendera Merah Putih, sebagai satu tanggungjawab kita dalam memaknai, menghormati dan mengenang perjuangan dari para pendahulu,” kuncinya.

Pantauan media ini, hadir Sekretaris Kecamatan Tomohon Barat, John P. Lonta, S.Hut, M.A.P., Stafsus Walikota Tomohon, Nico Tumurang, Seluruh Lurah Taratara Raya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, LPM, TNI, Polri, Kepala Sekolah Se-Taratara raya, dan seluruh Masyarakat Se-Taratara. (Etzar Frangky Tulung)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button