Bolmong RayaEkonomi Bisnis

QRIS Memudahkan Masyarakat Bertransaksi

Boltim, TimurTimes.com РPuncak Pekan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Nasional tahun 2023, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) menyerahkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI)-Perangkat Digitalisasi kepada masyarakat Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sabtu (19/8/2023).

Agenda yang tersaji di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Desa Kotabunan Selatan itu dihadiri Asisten ll Setda Boltim M.R Alung, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Boltim Samsudin Dama, ST., ME., para Sangadi (Kepala Desa), dan perangkat Desa Kotabunan Selatan serta masyarakat.

Pada kesempatan itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut, Andry  Prasmuko menjelaskan tentang pentingnya QRIS.

Kata dia, QRIS Nasional digelar di seluruh Indonesia oleh Kantor Bank Indonesia. Dalam kegiatan itu dilakukan sosialisasi utamanya mendorong masyarakat menggunakan QRIS.

“Jadi kegiatan ini puncak pekan Qris. Qris Nasional itu acaranya diadakan di seluruh Indonesia oleh kantor Bank Indonesia, jadi hari Senin kemarin sampai tanggal 20 seminggu penuh mengadakan kegiatan sosialisasi terutama untuk mendorong masyarakat menggunakan Qris,” ujar Prasmuko saat diwawancarai sejumlah pewarta.

Ia menyebut aplikasi QRIS sangat penting untuk mempermudah masyarakat melakukan transaksi.

“Qriskan alternatif sistem membayar, Qris itu aplikasi, itu memudahkan masyarakat dan biayanya murah, kalau pake kartu harus ada edisinya, kalau pake Qris hanya pake handphone saja sangat murah biaya transaksinya didorong untuk yang usaha-usaha kecil pakai itu, karena lebih murah dan uangnya lebih aman karena langsung masuk ke rekeningnya masing-masing. Sangat mempermudah jadi tidak perlu membawa uang kemana-mana makanya kita sosialisasikan terus pentingnya Qris ini,” papar Prasmuko.

Dikatakannya bahwa dengan QRIS
tidak hanya masyarakat bertransaksi, tapi pemerintah pun bisa mendorong masyarakat membayar retribusi dan membayar pajak pakai QRIS.

Baca Juga:   Ketua DMI Boltim Salat Idul Fitri 1445 H di Masjid Al-Multazam Desa Bulawan

“Jadi tidak perlu repot-repot datang ke kantor tinggal scane langsung bayar pake itu (Qris,red). Sekarang Qris bisa transfer bisa tarik tunai jadi kalu punya dompet elektronik, kita bisa mengambil uang di ATM mana saja sepanjang di dompet elektronik masih ada saldonya, itu bisa,” tuntasnya.

Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS merupakan standar QR Code nasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2019 agar proses transaksi pembayaran secara domestik menggunakan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. (Red)

 

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button