Minahasa RayaPolitik dan Pemerintahan

Wakil Ketua DPRD Tomohon Sosialisasikan Ranperda Pengelolaan Sampah

Tomohon, TimurTimes.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon, Erens D. Kereh gelar sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Tomohon tentang Pengelolaan Sampah bagi masyarakat Kelurahan Kinilow, Kinilow Satu, dan Tinoor. Digelar di Arjuna Resto, Kelurahan Kinilow, Kecamatan Tomohon Utara, Selasa (08/08/2023).

Kepada masyarakat, ia mengatakan dalam membuat peraturan daerah, perlu diperbanyak sosialisasi agar bisa dipahami dan dimengerti.

“Ini adalah inisiatif oleh DPRD, yang diusulkan oleh komisi III. Di Tomohon masyarakat akan semakin bertambah. Sehingga, sampah juga akan bertambah,” ucapnya.

Lanjutnya, sehingga pemerintah perlu membuat perencanaan tentang sampah ini. Artinya, dalam perda ini disitu akan dibicarakan bagaimana cara mengurangi dan mengelola sampah.

“Ada pengelolaan sampah seperti plastik yang tidak dapat terurai dan sampah yang bisa diuraikan. Sampah plastik jangan dibuang di sungai, dibakar atau ditimbun,” jelas Kereh.

Ditambahkannya, dalam rancangan ini akan diatur waktu membuang sampah,
pekerja atau pengelolanya, teknik dalam pengelolaan, serta sanksi-sanksinya.

Ia pun berharap, masyarakat Kota Tomohon akan bisa memberikan saran, kritikan, dan masukan-masukan untuk bisa dibahas di DPRD.

“Sangat diharapkan usulan-usulan dari seluruh masyarakat, agar nantinya peraturan daerah ini akan menjadi berkualitas, demi Kota Tomohon,” tandasnya.

Selanjutnya, Anggota DPRD Cherly Mantiri menambahkan, DPRD berinisiatif membuat ranperda ini adalah untuk kepentingan seluruh masyarakat di Kota Tomohon.

“Kami berharap akan ada masukan, kritikan, saran dari masyarakat. Agar Perda ini bisa menjadi berkualitas dan bermanfaat,” kuncinya.

Diketahui, agenda ini digelar oleh Sekretariat DPRD Tomohon. (Etzar Frangky Tulung)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button