Minahasa RayaPendidikan

Dies Natalis Smanto ke-77, Walukow Ajak Elemen Sekolah Tingkatkan Totalitas Dalam Pendidikan

Tomohon,  TimurTimes.com – Minggu, 3 September 2023, SMA Negeri 1 Tomohon (Smanto) mencapai usia 77 tahun. Sehingga, sebagai bentuk ungkapan syukur atas usia yang baru, pada Senin (04/09/2023), pagelaran acara syukur Dies Natalis Smanto ke-77, berlangsung meriah.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tomohon, Maria Walukow, S.Pd., M.Hum., mengatakan sekolah ini tidak hanya merancang berbagai program unggul, tetapi sekolah ini menjadi percontohan untuk menggerakkan sekolah lain di Provinsi Sulawesi Utara dalam implementasi kurikulum merdeka.

“Ini menjadi prestasi sendiri bagi sekolah, tetapi sekaligus menjadi tanggung jawab yang luar biasa, dalam mencapai visi pendidikan Indonesia yang sejahtera keseluruhan, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Sulut. Melalui pendidikan kualitas, pendidikan profil pelajar pancasila yang menjujung tinggi solidaritas dan program unggul sekolah kita yaitu ‘Stop Bullying’, kata Kepsek.

lanjutnya, oleh sebab itu berbagai budaya sekolah terus dibangun, kegiatan ekstrakurikuler ditingkatkan agar anak-anak yang adalah harapan masa depan bangsa benar-benar akan membiasakan diri secara utuh, dalam berbagai hal untuk melatih mereka mencapai cita-citanya.

“Dalam dunia pendidikan, kita tidak akan tau bahwa ini akan mengelola pikiran seseorang, dalam hal ini adalah peserta didik. Melainkan juga akan mengelola seluruh jiwa dan raga, jika salah satu saat diabaikan, maka seluruh tujuan pendidikan tidak akan tercapai,” ucap Walukow.

Oleh sebab itu, dikatakannya berbagai pembelajaran seperti ekstrakurikuler, proses profil pelajar pancasila dilakukan bersama dalam mencapai prestasi dalam berbagai tingkatan.

“Dalam tanggung jawab sekolah pun, kami telah berupaya secara maksimal. Dalam dua tahun terakhir ini siswa terus meningkat, sebagai bukti bahwa sekolah ini, dibutuhkan, dipercaya oleh masyarakat kota tomohon dan daerah sekitarnya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa, semua ini tercapai karena terdapat guru-guru dan pegawai yang melayani secara totalitas. Bersama-sama mereka terus menciptakan iklim dan sistem pendidikan yang profesional, dan tidak setengah-setengah dalam mendidik para siswa-siswi.

“Hal yang paling penting dalam pendidikan, harus adanya peran pemerintah, orang tua, stakeholder, komite sekolah, dan alumni,” sebut Kepala Sekolah.

“Oleh sebab itu, di usia sekolah yang ke 77 tahun ini, saya mengajak marilah dalam rasa syukur ini, kita lanjutkan pelaksanaan totalitas di dalam pendidikan yang telah kita bangun, upayakan, di SMA Negeri 1 Tomohon ini, dimana kita bergerak bersama, dalam berbagai inovasi, dan kreativitas,” tandasnya. (Etzar Frangky Tulung)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button