Bolmong RayaReligiSulut

Dama Jadi Nara Sumber Pada Kegiatan Bimtek “Peningkatan Kapasitas Tokoh Agama Kristen se-Kabupaten Boltim 2023”

Timur Times.com, Manado – Perhatian serius terus ditunjukkan Bupati Sam Sachrul Mamonto kepada para rohaniwan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Hal itu terwujud dalam berbagai program konkret. Salah satunya melalui kegiatan bimbingan teknis “Peningkatan Kapasitas Tokoh Agama Kristen se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur 2023” yang digelar di Swiss-Belhotel Maleosan Manado, baru-baru ini.

Anggota DPRD yang juga pengurus Forum Kerukunan antar Umat Beragama (FKUB) Boltim, Samsudin Dama, S.T., M.E., saat hadir membawakan materi di hadapan ratusan pendeta, penatua, diaken dan penyuluh agama Kristen, memberikan apresiasi kepada Bupati Boltim yang tak henti menunjukkan kepedulian serius bagi para tokoh agama.

“Biasa para imam dan pegawai sar’i, termasuk para pendeta, penatua, diaken, setiap hari mengurusi umat, memandikan jenazah. Bila sempat datang ke Manado, kalau tidak mengantar jamaah haji, kebanyakan untuk melihat dan mendoakan orang sakit. Kali ini, datang nginap di hotel bintang empat terbaik di Manado,” kata Dama diiringi gelak tawa para peserta.

“Tapi tentu bukan itu substansi kehadiran kita di sini. Paling penting kami lihat bagaimana Pak Bupati punya keinginan besar melengkapi dan memperkuat kapasitas para tokoh agama yang setiap hari dengan setia melayani para umat, masyarakat Boltim tercinta,” sambungnya.

Samsudin yang hadir sebagai narasumber dan menyampaikan materi tentang “Dukungan DPRD untuk Kegiatan-Kegiatan Keagamaan” memastikan jika kegiatan seperti ini hanya dilakukan di masa Bupati Sam Sachrul Mamonto.

“Karena itu kami sangat mengapresiasi Pemkab Boltim, Pak Bupati, termasuk Bagian Kesra yang menjadi penyelenggara kegiatan. Bagi kami DPRD, selama kegiatan-kegiatan pro kepentingan masyarakat, kami akan selalu mendukung kebijakan bupati,” tegasnya.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Boltim ini juga mengingatkan para peserta tentang pentingnya moderasi beragama.

“Seperti penjelasan Pak Bupati saat membuka kegiatan ini, tujuan kegiatan kita dalam rangka menghadapi tahun politik, kita perlu meningkatkan kerukunan, toleransi. Para tokoh agama kemudian didorong untuk menambah wawasan tentang kerukunan beragama dan moderasi beragama,” sebut Dama.

“Mari kita terus sama-sama dorong moderasi beragama, karena itu sangat diperlukan sebagai solusi, kunci penting untuk menciptakan kehidupan keagamaan yang rukun, harmoni, damai, serta keseimbangan, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, bernegara maupun kehidupan beragama,” tandasnya.

Tampak hadir bersama memberikan motivasi bagi para peserta, anggota DPRD Boltim, dr Cherry Komaling. (Red)

 

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button