Bolmong RayaPolitik dan PemerintahanTerkini

Catatan Penting Tiga Tahun Kepemimpinan Bupati Sachrul

TIMUR TIMES.COM, Boltim – Bupati Sam Sachrul Mamonto resmi dilantik sebagai ‘pucuk pimpinan’  Bolaang Mongondow Timur pada 26 Februari 2021.

Usai dilantik Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, Sam Sachrul Mamonto langsung menyusun
program kerja untuk menyelesaikan persoalan yang ada di Kabupaten Boltim.

Dalam perjalanannya, orang nomor satu Boltim ini berhasil mengangkat potensi pariwisata di Kabupaten Boltim dengan mengembangkan destinasi wisata unik dan mengoptimalkan keindahan alam yang dimiliki.

Gambar: Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto.

Di sektor wisata, Top Eksekutif Boltim ini mengelaborasi sektor wisata dengan budaya, sebagaimana beberapa event besar di Kabupaten Boltim seperti Kabela Fest, Java Culture Fest, Mooat Hortikultur Fest hingga upacara adat Tulude bagi warga suku Sangihe.

Langkah proaktif ini mampu menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah, membawa dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal.

Peningkatan sektor pariwisata juga secara langsung membuka peluang baru dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

Program pemberdayaan masyarakat setempat melalui pelatihan keterampilan dan pengembangan industri kreatif memberikan kontribusi signifikan dalam menanggulangi tingkat pengangguran di Boltim.

Sachrul Mamonto mengatakan, melalui upaya peningkatan sektor pariwisata, dirinya berkomitmen untuk memberikan manfaat ekonomi yang merata kepada masyarakat Boltim.

“Dengan pembukaan lapangan pekerjaan baru, kita tidak hanya memajukan sektor pariwisata, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan warga,” kata Sachrul.

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., M.Si., saat menyampaikan sambutan.

Pemerintah Boltim juga berhasil mencatat prestasi gemilang dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik. Melalui kebijakan yang inovatif, Bupati Sachrul berhasil mengangkat tenaga honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hal ini membawa perubahan positif signifikan dalam sektor ketenagakerjaan daerah. Boltim satu-satunya Kabupaten di Sulawesi Utara terbanyak dalam mengangkat putra-putri daerah menjadi ASN.

Pengangkatan tenaga honorer menjadi ASN di bawah kepemimpinan Bupati Sam Sachrul Mamonto ini menjadi langkah strategis dalam menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan yang selama ini menjadi permasalahan di daerah.

Dengan melibatkan pihak terkait dan melaksanakan proses seleksi yang transparan, kebijakan ini tidak hanya memberikan kepastian kerja bagi tenaga honorer, tetapi juga meningkatkan kualitas layanan publik di berbagai sektor pemerintahan.

“Transformasi lapangan pekerjaan melalui pengangkatan PPPK adalah upaya nyata kami untuk memberikan keadilan dan memastikan setiap warga Boltim memiliki akses yang sama terhadap kesempatan pekerjaan. Ini adalah langkah besar menuju pemerintahan yang inklusif dan berpihak pada rakyat,” tutur bupati.

Foto: Tampak Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto, S Sos., MSi., saat menyampaikan sambutan pada apel bersama ASN di halaman kantor bupati, Senin (7/2/2022).

Dengan adanya kebijakan ini, Boltim tidak hanya berhasil menciptakan lapangan pekerjaan baru, tetapi juga meningkatkan profesionalisme dan komitmen ASN dalam memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat.

Perjalanan tiga tahun kepemimpinan Sam Sachrul Mamonto di Boltim memberikan bukti bahwa keputusan yang tepat dan kebijakan yang inklusif dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat.

Dengan terus berfokus pada pembangunan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDA), Bupati Sam Sachrul Mamonto menandai jejak kepemimpinan yang berorientasi pada kesejahteraan dan kemajuan daerah.

Dalam adminitrasi pengelola keuangan, Sachrul Mamonto berhasil membawa Kabupaten Boltim meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2023 dalam hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Utara tanpa ada catatan. Ini menjadi sejarah pertama dalam kurun 15 tahun Kabupaten Boltim berdiri.

WTP keuangan tanpa catatan ini merupakan prestasi yang luar biasa, menandakan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah. Bupati Sachrul secara konsisten menerapkan kebijakan yang berfokus pada efisiensi pengelolaan dana publik, menghindarkan Boltim dari potensi Koruptif.

Melalui kepemimpinan yang visioner dan progresif, Sam Sachrul Mamonto berhasil membuktikan bahwa pemerintahan yang baik dapat mencapai prestasi keuangan tanpa catatan, sekaligus memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat.

Boltim kini melangkah maju dengan keyakinan dan harapan untuk masa depan yang lebih baik di bawah kepemimpinan yang penuh dedikasi ini. Keberhasilannya mengarahkan Boltim sebagai destinasi pariwisata yang menarik sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan dan pengelolaan keuangan yang baik telah menjadi cerminan dari visi dan misinya dalam memajukan daerah ini. (Rila/ADVERTORIAL)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button