Bolmong RayaReligi

Bupati Boltim Resmi Buka Kegiatan MTQ ke-Vlll Tingkat Kabupaten Tahun 2024

TIMURTIMES.COM, Boltim – Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke- Vlll tingkat kabupaten tahun 2024, resmi di buka oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto Kamis (9/5/2024).

Agenda yang berlangsung di lapangan Bogani Desa Kotabunan itu, dihadiri para Asisten, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para Camat, Sangadi (Kepala Desa), dan seluruh perangkat desa Kotabunan.

Hadir juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boltim, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Boltim, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Boltim,
Ketua FKUB, Ketua Baznas, dan ribuan masyarakat Boltim.

Dalam sambutannya, Bupati Sam Sachrul Mamonto merasa senang dan bangga atas antusias masyarakat Kotabunan yang begitu besar dalam kegiatan tersebut.

“Mengawali sambutan ini saya mengungkapkan rasa bahagia yang sangat dalam terutama masyarakat Kotabunan yang telah menjadi tuan rumah yang baik pada acara ini,” ujar bupati.

“Acara ini sudah dilakukan setiap tahun, tapi malam ini saya merasa bangga karena teryata antusias Masyarakat Kotabunan sangat besar untuk datang menghadiri acara ini. Biasanya nanti ada konser atau acara-acara musik masyarakat juga datang, tapi kali ini luar biasa. Musabaqoh Tilawatil Quran dihadiri oleh ribuan masyarakat Kotabunan. Saya memberi apresiasi,” ungkapnya.

Bupati yang juga Majelis Pelindung Pimpinan Daerah (Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Boltim ini mengucapkan selamat datang kepada para peserta lomba utusan dari 7 kecamatan yang ada di Boltim.

“Saya mengucapkan selamat datang untuk anak-anakku yang akan bertanding lomba MTQ yang merupakan utusan dari tuju kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur,” ungkap bupati.

“Selanjutnya saya menyampaikan terima kasih dan selamat datang di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Utara atau yang mewakili dan berterima kasih atas memenuhi undangan kami,” sambungnya.

Disebutkan jika kegiatan bernuansa religius ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahun di Tanah Timur Totabuan.

“Pelaksanaan MTQ dapat saya katakan kegiatan yang telah menjadi tradisi dan telah melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Kegiatan
religius sudah menjadi agenda rutin setiap tahun dimana pemerintah pusat juga melakukan setiap tahun,” kata bupati.

“Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam ruang kehidupan masyarakat.
Mengingat acara keagamaan ini, selain menjadi media dakwa dan syiar agama yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong kuat memacu percepatan pembangunan daerah yang mempunyai posisi sangat vital dalam membangun mental dan spiritual akhlak bangsa,” terangnya.

Lanjut Bupati, bahwa terpenting dalam kegiatan ini diharapkan sebagai peneguhan syiar Islam dan diarahkan pada upaya peneguhan, kecintaan, dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Alquran sebagai petunjuk dan pedoman hidup serta menjadi barometer untuk mengukur hasil dan pembelajaran Alquran yang berlangsung pada masyarakat Bolaang Mongondow Timur.

“Tentu sebagai bupati saya bangga, karena bukan hanya di Bolaang Mongondow Timur, tapi hampir di seluruh Indonesia, ada banyak generasi kita yang hampir melupakan membaca Alquran. Dan itu terjadi pada saat ini. Banyak pemuda pemudi yang terlibat pergaulan yang tidak semestinya. Kenapa ini terjadi? Karena
mereka sedari kecil tidak didik dengan ahlak yang baik. Tidak diberi tuntunan dalam belajar Alquran yang mengakibatkan ada ruang kosong di hati mereka yang mudah dimasuki berbagai godaan,” sebut bupati.

“Di malam hari ini tentunya saya merasa bangga karena Kabupaten Bolaang Mongondow Timur pernah mendapat juara di tingkat nasional. Coba benar-benar belajar agar dapat mengharumkan nama kita di tingkat nasional,” pintanya.

Di penghujung sambutan, Bupati Sachrul mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak terkait atas terlaksana kegiatan MTQ ke-Vlll tingkat Kabupaten Boltim.

“Mengakhiri sambutan ini, tidak lupa saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak, seluruh panitia pelaksana beserta dewan hakim dan para pengurus LPTQ atas terlaksananya MTQ ke-Vlll Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang akan dilaksanakan beberapa hari ke depan,” ucap Sachrul.

“Selanjutnya saya berpesan kepada dewan hakim yang baru saja dilantik utuk benar-benar memberikan penilaian dan memutuskan para juara se objek-objektif sesuai kemampuan para peserta. Pada seluruh peserta atau kafilah, anak-anakku sekalian, saya ucapakan selamat berlomba semoga melalui pelaksanaan MTQ ini, dapat terpilih qori dan qoriah hafiz dan hafizah serta para jawara lain di cabangnya masing-masing,” tutur Bupati Sachrul, sembari mendoakan
semoga Allah Subhanahu wata’ala memberikan pentunjuk dalam pelaksanaan MTQ hingga selesai nanti. Dan semoga Allah Subhanahu wata’ala memberkahi gerak langkah serta meridohi niat baik kita dalam membangun Kabupaten Bolaang Mongondow Timur tercinta. (Rila)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button