Koneksi Jaringan Internet Kotabunan-Bulawan “Pe Raja Lalot”

0
87
Foto: Desa Kotabunan-Bulawan, Kabupaten Boltim.

Boltim, TimurTimes.com – Buruknya kualitas jaringan internet Telkomsel di wilayah Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) membuat berbagai aktivitas komunikasi terhambat. Seperti bisnis online, belajar daring, hingga pekerjaan kantor yang berkaitan dengan informasi.

Kondisi ini pun menimbulkan kekecewaan bagi para pengguna jasa tersebut. Masyarakat meminta pihak Telkomsel lebih profesional lagi dalam menangani pelayanan internet. Keluhan ini dilontarkan warga Desa Bulawan, Rinaldi Lendongan, Minggu (6/9/2021).

“Sebagai konsumen saya tentu merasa kecewa dengan koneksi jaringan internet Telkomsel yang seperti ini. Apa lagi ketika ada pemadaman listrik, jaringan Telkomsel juga ikut mati,” kata Lendongan.

Pria yang akrab disapa Inal ini mengatakan, akibat jaringan internet buruk menyebabkan kuota paket internet tidak terpakai sampai menjelang masa aktif habis.

“Kiranya pihak operator dapat memperbaiki kembali koneksi internet, karena ini sangat berpengaruh bagi operator Telkomsel. Apa bila ada operator lain yang masuk ke wilayah kami dengan sistem operasi yang lebih bagus, bisa-bisa masyarakat pindah operator seluler,” ujarnya.

Ia berharap kelancaran internet di wilayah Kecamatan Kotabunan bisa teratasi, karena banyak aktivitas warga yang berkaitan dengan teknologi informasi.

“Saya berharap Telkomsel lebih profesional dalam menangani persoalan ini, apa lagi di wilayah banyak informasi-informasi penting, serta pengiriman data penting setiap waktu,” tutur Inal.

Sementara itu, warga Desa Bulawan Satu, Faizal Thayib mengatakan, gangguan jaringan Telkomsel ternyata berdampak pada hampir di seluruh aspek kehidupan masyarakat yang ada di Desa Kotabunan dan Bulawan. Seperti dengan adanya ketergantungan mulai dari pengguna bisnis online sampai pada proses belajar daring.

“Tidak semua terjadi di berbagai wilayah Boltim, khususnya di Kotabunan dan Bulawan. Jaringan internet sulit untuk di akses dengan lancar di wilayah kami. Sementara wilayah Kotabunan Bulawan adalah wilayah perdagangan online terbesar ada disini,” tutur Thayib.

Baca Juga:   Dinkes Boltim Gelar Vaksinasi di 6 Kecamatan

Terkait persoalan ini, pria berdarah arab ini meminta Telkomsel lebih memperhatikan layanan jaringan internet di Kotabunan Bulawan, karena sudah meresahkan masyarakat sejak 1 bulan terkahir.

“Telkomsel harus berkomitmen, karena merupakan badan usaha milik negara. Jangan sampai masyarakat kecewa dan mengalihkan penggunaan ke profider lain. Terkonfirmasi sembilan puluh persen masyarakat Kotabunan Bulawan pengguna Telkomsel,” tandasnya.

Penulis Gafur Sarundayang