Melihat Dari Dekat Tempat ‘Buaya Dondang’ dan Kelapa Dua di Kotabunan Selatan

0
736
Foto: Pulau kecil Tempat Buaya Dondang.

Sabtu 28 Agustus 2021 sekitar pukul 03.00 Wita, Komunitas Momais mendatangi pantai yang berada di Desa Kotabunan Selatan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Melihat tempat ‘Buaya Dondang’ jadi tujuan utama para penulis ini.

Meski matahari terus memancarkan sinarnya dan hawa panas sangat menyengat, para pemburu brita ini terus melanjutkan perjalanan mereka hingga sampai di tempat tujuan.

Setelah sampai di tempat yang dituju, para pewarta ini langsung mengambil dokumentasi. Terlihat ada pulau kecil. Menurut penuturan tokoh masyarakat setempat, bahwa pulau kecil tersebut adalah tempat Buaya Dondang. Buaya Dondang adalah Buaya berukuran kecil dan memakai selendang serta tidak agresif terhadap manusia seperti buaya pada umumnya.

Di samping pulau kecil tempat Buaya Dondang, ada tanaman bakau yang tak kalah indahnya.

Usai mengambil gambar, para kuli tinta ini kembali melanjutkan perjalanan menuju Lokasi Kelapa Dua.

Dinamakan Kelapa Dua lantaran dulu kelapa tersebut ada dua pohon hidup berdampingan.

Kelapa Dua pada tahun selapan puluhan banyak nelayan yang memadati tempat itu untuk mencari ikan Bandeng. Sehingga pada masa itu, Kelapa Dua jadi terkenal serta jadi tempat berkumpul para pencari ikan Bandeng.

Setelah Komunita Momais melihat langsung di lokasi, pohon kelapa yang tadinya dua, teryata tinggal satu pohon yang masih berdiri tegak.

Tampak, Kelapa Dua tinggal satu pohon yang berdiri tegak.

Komunitas Momais langsung mengabadikan pohon kelapa tersebut.

Perjalan menuju Lokasi Kelapa dua ditempuh hanya beberapa menit.
Di perjalanan menuju Lokasi Kelapa Dua, para pemburu fakta ini sempat berhenti di bibir pantai dan sedikit bercanda. Andri Muhama mengambil gambar, Gazali juga demikian. Dio Djubair berhenti sejenak dan barmain pasir. Sementara Matt Rey duduk sambil menatap Indahnya Pulau Kumeke dan Pulau Nenas yang berhadapan langsung dengan Lokasi Kelapa Dua.

Baca Juga:   Hujan Menahanku di Teras Rumah Kuning

Selang beberapa menit, Komunitas Momais beranjak. Mereka begitu bahagia sebab sudah melihat langsung tempat ‘Buaya Dondang’ dan Lokasi Kelapa Dua.

Penulis: Gafur Sarundayang